Rabu, 15 Juni 2011

Tiga Golongan Ahli Ibadah

Sebagian ulama mengatakan bahwa motivasi peribadatan itu terbagi tiga, yaitu al-rahbaniy, al-jananiy dan al-rabbaniy.

Adapun al-rahbaniy itu ialah orang-orang yang mengerjakan ibadat karena takut kepada neraka. Al-Jananiy ialah orang-orang mengerjakan ibadat karena menginginkan surge. Sementara al-rabbaniy itu ialah orang-orang yang beribadat karena rindu kepada Allah, bukan karena takut neraka atau ingin surga.

Kelak, pada hari kiamat, akan dikatakan kepada al-rahbaniy, engkau telah selamat dari neraka. Lalu ia berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka-cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (Q.S. 35:34)

Dikatakan kepada al-jananiy, engkau berhak mendapatkan surga. Lalu ia berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami,” (Q.S. 39:74)

Sementara kepada al-rabbaniy dikatakan, Allah telah mengaruniakan kepadamu untuk memandang kepada-Nya tanpa perantara. Maka ia menjawab, “Segala puji bagi Allah yang telah menunjuki kami. Dan kami sekali-kali tidak akan mendapat petunjuk kalau Allah tidak member petunjuk kepada kami.” (Q.S.7:43)

(Petuah Ulama Besar al-Allamah Ahmad Syihabuddin al-Qalyubi dalam kitab beliau Al-Nawadir h. 189)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar